Selasa, 23 September 2014

NOTULEN RAPAT



  NOTULEN DISKUSI
PR YANG MEMBERATKAN SISWA

Tempat                                : Ruang kelas XII IPA 1
Tanggal                 : 12 September 2014
Anggota Diskusi                :               1. Niken Eka Handayani Moderator         
                                                2. Herma Krisdiana Penyaji 1
                                                3. Justiia Alfian Penyaji 2
                                                 4. Muhammad Dwi Ariyanto Notulis
Waktu                   :  Pukul 08.05 WIB – 08.30 WIB
Agenda Rapat    :
                    I.            Pembukaan
Diskusi dibuka pukul 08.05 WIB oleh pembawa acara yakni Niken Eka Handayani.
                  II.            Penyaji
Penyaji  1 ” Herma Krisdiana”
A.      Pengertian Pekerjaan Rumah
Pekerjaan rumah(PR) adalah tugas yang harus dikerjakan diluar jam sekolah. Pemberian PR adalah inisiatif guru yang diberikan kepada siswa dalam rangka membina pemahaman dengan ketrampilan serta sekaligus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
B.      Macam Macam Pekerjaan Rumah
1. Tugas latihan
                Yang berfungsi untuk meningkatkan ketrampilan pengetehuan yang baru saja dipelajari disekolah.
2.  Tugas persiapan
                Siswa ditugasi membaca buku ajar dan memahaminya selama semalam, agar saat disekolah siiswa dapat berinteraksi dengan guru.
3.  Tugas yang memperkaya
                Siswa diberi tugas seperti membuat kliping yang berkaitan dengan pembelajaran besok pagi disekolah.
                       Penyaji  2 ”Justitia Alfian “
C.      Tujuan Pemberian Pekerjaan Rumah
1.       Agar siswa memiliki kemampuan bekerja mandiri.
2.       Dapat mengembangkan disiplin diri.
3.       Belajar memiliki rasa tanggungjawab terhadap pekerjaan mereka sendiri.
4.       Untuk mengingat kembali dan memelihara kembali topik-topik yang telah dipelajari sebelumnya.
5.       Untuk memelihara dan memanfaatkan tingkah laku yang telah dipelajarinya.
6.       Untuk melatih ketrampilan, konsep dan prinsip yang baru saja dikembangkan untuk memperoleh pengertian yang lebih dalam tentang konsep itu.
7.       Digunakan sebagai salah satu unsur penelitian dalam rangka penilaian yang komperhesif.
8.       Menanamkan tanggungjawab dan kedislipinan siswaterhadap kewajibannya.

D.      Kelebihan (Dampak Positif) Diberi PR
1.       Baik sekali untuk mengisi waktu luang demgan hal-hal yang konstruktif.
2.       Memupuk rasa tanggungjawab dalam segalatugas pekerjaan.
3.       Memberi kebiasaan anak untuk belajar.
4.       Siswa berkesempatan ujntuk memupuk perkembangan dan keberanian mengambil inisiatif bertanggungjawab dan berdiri sendiri.
5.       Memberi tugas anak yang bersifat praktis.

                III.            Tanya Jawab
Acara ini diisi oleh sesi tanya jawab, antara lain :
1.       Sdri Novia   :”Menurut anda bagaimana kategori PR yang tidak memberatkan siswa?”
Jawab: a) Banyaknya PR pelajaran harus disesuaikan dengan tingkat kelas, sehingga tidak memberatkan siswa.
              b) Pemberian PR sebaiknya tidak bersamaan dengan tugas lainnya.
2.       Sdr Wigung : “Apakah dampak negatif pemberian PR pada siswa?”
Jawab: a) Pemberian PR yang terlalu banyak membuat siswa merasa tertekan
              b) Karena kemampuan setiap anak berbeda, maka tidak ssetiap anak dapat mengerjakan PR dengan baik.
              c) Apabila pemberian PR bersamaan dengan tugas yang banyak dapat mempengaruhi keseimbangan mental anak.
3.       Sdri Hafshah : ” Bagaimana cara membagi waktu antara mengerjakan PR dengan membantu orangtua?”
Jawab :  Sebaiknya mengerjakan PR kita dahulukan, karena dengan mengerjakan PR akan menjadikan kita semakin mengerti akaan materi yang diberikan. Kita dapat membantu oarang tua setelah PR itu selesai, orang tua kita juga pasti akan memahami kondisi kita.
4.       Sdri Eva        : “ Bagaimana cara guru memberikan PR karena kemampuan siswa tidak sama?”
Jawab :
5.       Sdri Desi      : ” Apakah dampak positif pemberian PR untuk siswa?”
Jawab :  a) Membiasakan anak untuk belajar
                b) Menjadikan anak samakin paham akan materi yang diberikan guru
                c) Dapat mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif
                d) Memupuk rasa tanggungjawab kepada anak dalam segala tugas.
       



                IV.            Kesimpulan
Pemberian PR akan bermanfaat Karena PR tersebut merupakanpengulangan dan pemantapan pengertian murid pada pelajaran yang diberikan. Dengan dasar Learning by doing diharapkan kesan pada diri anak lebih mendalam dan mudah diingat. Sikap atau pengalaman atas suatu masalah dan murid akan dapat dibina lebih kuat dengan adanya penambahan beljar kelompok  adalah kesempatan bertanya setelah menghadapi soal yang sulit.

                  V.            Penutup
Diskusi ditutup setelah moderator membacakan kesimpulan hasil diskusi tersebut pukul 08.30 WIB.


Kebakkramat, 12 September 2014



Mengetahui
Ketua Diskusi                                                                     Notulis

Niken Eka Handayani                                                      Muhammad Dwi Ariyanto



Tidak ada komentar:

Posting Komentar