NOTULEN DISKUSI
PR YANG MEMBERATKAN
SISWA
Tempat :
Ruang kelas XII IPA 1
Tanggal :
12 September 2014
Anggota Diskusi :
1. Niken Eka Handayani
Moderator
2.
Herma Krisdiana Penyaji 1
3.
Justiia Alfian Penyaji 2
4. Muhammad Dwi Ariyanto Notulis
Agenda Rapat :
I.
Pembukaan
Diskusi dibuka pukul 08.05 WIB oleh pembawa acara yakni Niken Eka
Handayani.
II.
Penyaji
Penyaji 1 ” Herma Krisdiana”
A.
Pengertian Pekerjaan Rumah
Pekerjaan rumah(PR) adalah tugas yang harus dikerjakan diluar jam
sekolah. Pemberian PR adalah inisiatif guru yang diberikan kepada siswa dalam
rangka membina pemahaman dengan ketrampilan serta sekaligus dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa.
B.
Macam Macam Pekerjaan Rumah
1. Tugas latihan
Yang berfungsi untuk
meningkatkan ketrampilan pengetehuan yang baru saja dipelajari disekolah.
2. Tugas persiapan
Siswa ditugasi
membaca buku ajar dan memahaminya selama semalam, agar saat disekolah siiswa
dapat berinteraksi dengan guru.
3. Tugas yang memperkaya
Siswa diberi tugas seperti
membuat kliping yang berkaitan dengan pembelajaran besok pagi disekolah.
Penyaji 2 ”Justitia Alfian “
C.
Tujuan Pemberian Pekerjaan Rumah
1.
Agar siswa memiliki kemampuan bekerja mandiri.
2.
Dapat mengembangkan disiplin diri.
3.
Belajar memiliki rasa tanggungjawab terhadap
pekerjaan mereka sendiri.
4.
Untuk mengingat kembali dan memelihara kembali
topik-topik yang telah dipelajari sebelumnya.
5.
Untuk memelihara dan memanfaatkan tingkah laku
yang telah dipelajarinya.
6.
Untuk melatih ketrampilan, konsep dan prinsip
yang baru saja dikembangkan untuk memperoleh pengertian yang lebih dalam
tentang konsep itu.
7.
Digunakan sebagai salah satu unsur penelitian
dalam rangka penilaian yang komperhesif.
8.
Menanamkan tanggungjawab dan kedislipinan
siswaterhadap kewajibannya.
D.
Kelebihan (Dampak Positif) Diberi PR
1.
Baik sekali untuk mengisi waktu luang demgan
hal-hal yang konstruktif.
2.
Memupuk rasa tanggungjawab dalam segalatugas
pekerjaan.
3.
Memberi kebiasaan anak untuk belajar.
4.
Siswa berkesempatan ujntuk memupuk perkembangan
dan keberanian mengambil inisiatif bertanggungjawab dan berdiri sendiri.
5.
Memberi tugas anak yang bersifat praktis.
III.
Tanya
Jawab
Acara ini diisi oleh sesi tanya jawab, antara lain :
1.
Sdri
Novia :”Menurut anda bagaimana
kategori PR yang tidak memberatkan siswa?”
Jawab: a) Banyaknya PR pelajaran harus disesuaikan dengan tingkat kelas,
sehingga tidak memberatkan siswa.
b) Pemberian PR sebaiknya tidak bersamaan
dengan tugas lainnya.
2.
Sdr
Wigung : “Apakah dampak negatif
pemberian PR pada siswa?”
Jawab: a) Pemberian PR yang terlalu banyak membuat siswa merasa tertekan
b) Karena kemampuan setiap anak berbeda,
maka tidak ssetiap anak dapat mengerjakan PR dengan baik.
c) Apabila pemberian PR bersamaan dengan
tugas yang banyak dapat mempengaruhi keseimbangan mental anak.
3.
Sdri
Hafshah : ” Bagaimana cara membagi waktu antara mengerjakan PR dengan
membantu orangtua?”
Jawab : Sebaiknya mengerjakan PR
kita dahulukan, karena dengan mengerjakan PR akan menjadikan kita semakin
mengerti akaan materi yang diberikan. Kita dapat membantu oarang tua setelah PR
itu selesai, orang tua kita juga pasti akan memahami kondisi kita.
4.
Sdri Eva : “ Bagaimana cara guru memberikan
PR karena kemampuan siswa tidak sama?”
Jawab :
5.
Sdri Desi : ” Apakah dampak positif pemberian PR
untuk siswa?”
Jawab : a) Membiasakan anak untuk
belajar
b) Menjadikan anak samakin paham akan
materi yang diberikan guru
c) Dapat mengisi waktu luang dengan
hal-hal yang positif
d) Memupuk rasa tanggungjawab kepada
anak dalam segala tugas.
IV.
Kesimpulan
Pemberian PR akan bermanfaat Karena PR tersebut merupakanpengulangan dan pemantapan
pengertian murid pada pelajaran yang diberikan. Dengan dasar Learning by doing
diharapkan kesan pada diri anak lebih mendalam dan mudah diingat. Sikap atau
pengalaman atas suatu masalah dan murid akan dapat dibina lebih kuat dengan
adanya penambahan beljar kelompok adalah
kesempatan bertanya setelah menghadapi soal yang sulit.
V.
Penutup
Diskusi ditutup setelah moderator membacakan kesimpulan hasil diskusi
tersebut pukul 08.30 WIB.
Kebakkramat, 12 September 2014
Mengetahui
Ketua Diskusi Notulis
Niken Eka Handayani Muhammad
Dwi Ariyanto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar